mungkin Kita terbiasa dengan format pakem sebuah band dimana instrumen gitar selalu dominan jadi yang terdepan. sebuah Stereotype yang sudah mendarah daging bahwa tanpa gitar maka sebuah band akan terasa kosong dan tanpa roh, tanpa taji, tak tajam. karena senar gitar didaulat mampu mengeluarkan sayatan nada yang setajam silet hingga komposisi lagu dari sebuah band itu akan mengiris dengan tajam. Saya juga terbiasa dengan paradigma itu pada awalnya, namun Cara Berpikir Saya berubah setelah Akhirnya mengenal sebuah band keren asal Yogyakarta yang bernama Armada Racun. karena band ini muncul dengan format yang tak lazim: tanpa gitar. alih-alih sebagai pengganti gitar Mereka memasukkan satu lagi tambahan bass dalam formasi. jadi dalam Armada Racun ini ada seorang perempuan yang bermain Keyboard, satu orang bermain lead bass. sementara bassist lainnya didaulat sambil bernyanyi, plus satu additional Drummer. Saya mulai jatuh cinta dengan band ini, karakter musik yang kuat percampuran rock, punk, dan electro rock, lirik-lirik lagu satir tentang kondisi sosial negeri yang carut marut, dan attitude yang wah. minus gitar bukan berarti kekurangan. karena dengan adanya 2 bass musik mereka jadi sangat ramai, ditingkahi gebukan drum keras, serta atmosfer Sintesa dari kelincahan jari Nadya memencet tuts Keyboard.  jadi jangan tuduh Saya suka band ini hanya karena nama Kibordisnya adalah Nadya. Saya memang suka band ini karena Mereka Dahsyat.

 

Armada Racun baru saja merilis sebuah Full Album debut bertitel “La Peste” yang artinya kurang lebih adalah “Pes”. karena mereka ingin musik Mereka mewabah seperti penyakit Pes. sebuah album yang sangat direkomendasikan untuk didengar. dengan karakter rock sangat kuat dan lirik tajam, benar-benar langsung menusuk. berikut adalah eksplanasi tracklist La Peste:

 

1. Sad People Dance

 

Track Favorit Saya. tentang orang-orang yang berdansa ketika Mereka sedang bersedih. dengan atmosfer synthesizer dari Nadya yang catchy, serta bassline yang menyenangkan.

 

2. Mati Gaya

 

Beat drum sebagai pembuka lagu ini cukup menghentak, juga dengan teriakan Nicodemus sang vokalis nan menawan.

 

3. Tuan Rumah Tanpa Tanah

 

lagu lain favorit Saya. tentang bagaimana Kita ini adalah sebagai tuan rumah tapi ternyata tak punya daya di negeri sendiri. sebuah kritik pedas pada kekuasaan yang menggusur rakyatnya sendiri atas perintah orang luar. ironis memang ketika imperialisme barat membuat Kita jadi tuan raumah yang tak punya tanah di negeri sendiri karena tergusur kuasa.

 

4. Beautiful Dream

 

lagu bernuansa musik folk ala Perancis, dengan lirik dicampur bahasa Perancis juga.

 

5. Drakula

 

Satir menarik yang menuduh Kita semua sebagai manusia adalah drakula yang suka menghisap darah manusia lain demi hidup Kita.

 

6. Good News For Everybody

 

Bassline pembuka lagu ini bagus dan ketika ketukan drum menghentak masuk semakin liar jadinya.

 

7. Boys Kissing Boys

 

ajakan berpikir terbuka bahwa pasangan homo punya hak untuk meyakini hubungan percintaan sesama jenis mereka yang sering dianggap abnormal.

 

8. Amerika

 

Lagu Favorit Saya yang lain, mungkin ini lagu armada Racun yang paling terkenal. plesetan Sumpah pemuda yang berbunyi “Kami Bangsa Indonesia mengaku, berbangsa satu. Amerika” akan menohok keras siapa saja termasuk Kita yang ternyata memang krisis identitas. mengaku Indonesia tapi ternyata semuanya adalah Amerika, entah itu bahasa, gaya Hidup, kebutuhan ekonomi, bahkan urusan selangkangan. Kita semua tergantung pada barat. dalam hal ini Amerika merepresentasikan barat yang dimaksud. Armada Racun sendiri juga mengaku Mereka mengalami adiksi akan Amerika, juga Kita.

 

9. Lalat Betina

 

lagu pendek dengan musik punk menghentak. lirik agak moralis dengan bunyi “Segeralah Sucikan Hatimu”

 

10. I’m Small

 

ajakan kontemplasi kepada para generasi muda bahwa Mereka itu kecil di keluasan semesta.

 

11. Train’s Song

 

dengarkan suara sampling drum minyak yang digebuk D’mex drummer band Grunge asal Jogja Illegal Motives disini.

 

 

baiklah, segera sisihkan uang saku Kalian dan daripada dipakai beli Togel atau Merk Kopi Amerika yang ada di Mall-Mall itu. lebih baik belilah satu CD La Peste dari Armada Racun ini. beranilah lepas dari pakem standar gitar dan terimalah 2 dentuman bass sebagai gantinya. dan bersiaplah sakit hati terkena satir pedas lirik lagu Mereka tentang hidup Kita. Saya berani mentasbihkan Mereka sebagai band lokal yang hebat dan akan jadi The Next big thing. Saya suka Armada Racun, karena memang Mereka keren, bukan hanya karena Kibordisnya bernama Nadya.

 

 

http://www.myspace.com/armadaracun

 

http://www.twitter.com/RMDRCN

 

 

ARIS SETYAWAN

 

26 September 2010

 

 

( created and sent from my friend’s PC.for more word and shit log on tohttp://www.arisgrungies.multiply.com/ )

 

Advertisements